iklan SMobile baru
Berita | 13/05/2024 - 20:38

Sempat Buron Kasus Jual Tanah Fiktif, Dua Wanita Tua Diringkus Polisi di Riau

Harianbisnis.com, Medan- Subdit III/Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut, menangkap dua wanita lanjut usia (lansia) yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus penipuan dan penggelapan (tipu gelap).

Keduanya adalah, Aja Masita (66), warga Jalan Gaharu dan Elvira (59), warga Jalan Kiwi VII, Kecamatan Percut Seituan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebutkan, kedua wanita itu terbukti melakukan tipu gelap terhadap korban Rosnani Siregar (68).

Kasus itu berawal dari kakak kandung korban mempertemukannya dengan tersangka Aja Masita dan Elvira yang mengaku sebagai pemilik tanah seluas 20 hektare di Jalan Flamboyan, Medan tuntungan.

“Karena yakin dengan tersangka sebagai pemilik tanah, lalu korban pun menyerahkan uang tunai beberapa kali secara bertahap kepada para tersangka,” kata Hadi kepada wartawan, Senin (13/5/2024).

Hadi mengungkapkan, pada 1 Februari 2021 di kantor notaris dibuatlah surat pelepasan hak dengan ganti rugi antara korban dengan tersangka serta meminta uang untuk segala keperluan surat-surat.

“Total penyerahan uang jual beli tanah yang diberikan korban kepada para tersangka Rp852 juta,” ungkapnya.

Namun, setelah uang diserahkan ternyata para tersangka tidak bisa memperlihatkan objek tanah yang akan dibeli korban.

“Korban yang merasa ditipu melaporkan kasusnya ke Mapolrestabes Medan pada 6 Agustus 2021,” papar Hadi.

Hadi menambahkan, berdasarkan penyelidikan yang dilakukan ternyata kedua tersangka itu telah kabur hingga ditetapkan sebagai DPO.

“Tim Jatanras Polda Sumut mengetahui keberadaan kedua orang DPO itu di Kota Pekanbaru, Riau dan bergerak cepat menangkapnya,” sebutnya.

Saat ini, kedua tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap kejahatannya. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.