iklan SMobile baru
Berita | 6/03/2024 - 18:49

Caleg PDIP Wong Chun Sen Kehilangan 20 Suara di PPK Medan Deli

Harianbisnis.com, Medan- Caleg PDI Perjuangan Kota Medan, Wong Chun Sen mengaku suaranya hilang saat dihitung ulang di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Medan Deli.

“Sangat aneh karena suaraku hilang di Medan Deli. Padahal, pada saat dibacakan oleh PPK suara saya 1.387. Dan itu disaksikan oleh saksi PDIP saat itu.Tapi, pada saat DA-Hasil yang dibacakan pada rapat pleno terbuka oleh KPU Medan di Hotel LePolonia, suara saya bisa raib ,” katanya saat mengelar temu pers kepada wartawan di ruang kerjanya di Kantor DPRD Medan, Selasa (5/3).

Atas pristiwa itu, katanya, Wong Chun Sen pun langsung mempertanyakan ke PPK Medan Deli dan Panwascam Medan Deli.

“Namun, jawaban mereka (PPK dan Panwascam) justru bilang perolehan suara itu sudah sesuai yang dibacakan dan ditandatangani oleh semua saksi. Jadi kalo ada bantahan sudah tidak bisa dengan alasan waktu penghitungan di PPK Medan Deli telah selesai dan sudah masuk ke rapat pleno KPU Medan,” ucapnya.

Atas dasar itu juga, kata Wong, diduga suaranya digeser ke salah satu caleg di internal PDIP.

“Saya sudah tahu, dan ini diduga dilakukan di internal caleg PDIP,” katanya tanpa mau  menyebut nama caleg itu.

Dengan kehilangan 20 suara itu, Wong mengaku dirugikan karena meskipun dengan ada pergeseran suaranya itu tidak berpengaruh atas perolehan suara terbesar yang dimilikinya yang memastikan jatah 1 kursi untuknya.

Namun, dengan hilangnya suara itu, Wong berharap kepada KPU Medan agar suaranya yang hilang dikembalikan setelah penghitungan suara yang saat ini sedang digelar KPU Medan.

Dikatakannya, dengan hilangnya 20 suara yang dimilikinya, dari sebelumnya Wong memperoleh 12.468 suara jadi berkurang menjadi 12.448 suara.

“Dari sebelumnya 12.468 suara dari hasil hitung C1 plano yang berasal dari hitungan internal tim. Karena hilang 20 suara jadi saat ini ya, mungkin dikisaran 12.448 suara,” jelasnya.

Perolehan suara itu, kata Wong berasal dari Medan Timur dengan 5.190 suara, Medan Tembung 3.134 suara dan Medan Perjuangan 2.758 suara.

Di kesempatan itu, Wong juga menyebutkan untuk dapil Kota Medan 3, partai yang dipimpin Megawati Soerkarno Putri itu meraup 45.272 suara.

“Kita dua kursi sudah pasti, yaitu 1 kursi saya karena dengan suara tertinggi. Namun kursi kedua saya belum bisa menyebutkan karena dari nama itu ada 2 yang masih kejar-kejaran suaranya. Tapi, kalau hitungan internal saya kemungkinan besar ya kolega saya, Paul Mei Anton Simanjuntak,” katanya.

Begitupun, katanya, siapa yang akan duduk dan dapat kursi masih menunggu keputusan resmi KPU Medan.

“Semua itu kan putusannya dari KPU.Kita tunggu lah. Tapi, saya yakin, saya akan duduk lagi untuk kali ketiganya di Pemilu 2024 ini,” pungkasnya.

Untuk penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Medan Deli sendiri dilaksanakan di halaman Kantor Lurah Tanjungmulia Jalan KL Yos Sudarso Km 7, Medan Deli.

Dalam proses penghitungan tersebut sempat tertunda beberapa kali.

Dan kericuhan sempat terjadi, Minggu (3/3) dini hari karena adanya saksi dari partai memasuki ruangan PPK Kecamatan yang berimbas terjadinya kericuhan. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.