iklan SMobile baru
Berita | 25/06/2023 - 21:11

Irma Hutabarat Miris Lihat Pasar Tarutung Becek dan Banyak Sampah

Harianbisnis.com, Tarutung- Irma Hutabarat, juru bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), berharap agar pasar di Tapanuli Utara (Taput) bisa bersih dan lebih baik.

Hal ini pasca Irma mengunjungi pasar atau Onan di Pasar Tarutung, Taput, kemarin (24/6). Irma melihat kondisi pasar yang becek dan penuh sampah.

Irma prihatin melihat kondisi tersebut. Terlebih, Tarutung merupakan kampung halamannya.

“Cukup miris melihat kondisi pasar Tarutung ini. Pasarnya becek, kotor, dan penuh sampah. Saya ingin melihat pasar di kampung halaman saya ini bersih,” kata wanita yang akrab disapa Inang.

Melihat kondisi itu, Inang mengungkapkan untuk membersihkan pasar yang kotor, pihaknya bersama kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tapanuli Utara akan memberi 15 tempat sampah dan mengajarkan pedagang untuk memilah sampah.

Untuk lokasi yang becek, Irma akan menumpukinya dengan batu kerikil.

“Saya bersama PSI Tapanuli Utara akan membersihkan got yang mampet, lalu menumpuki yang becek itu dengan kerikil. Nantinya kami juga akan menyediakan 15 tempat sampah. Sampah itu ada 2 lubang untuk yang organik dan sampah plastik,” ujar Irma.

“Harus dibedakan sampah itu. Karena sampah organik ini bisa jadi pupuk dan sampah plastik bisa diolah kembali. Ini harus disosialisasikan ke para pedagang dan pembeli di pasar ini,” tambahnya.

Pasar terbesar di Tapanuli Utara ini menurut Inang, harusnya diberi kenyamanan dan kebersihan dalam berbelanja.

“Agar para pedagang dan pembeli bisa nyaman, majulah ekonomi di Tapanuli Utara ini,” tuturnya.

Dalam kunjungan ini, Irma menyempatkan untuk berbelanja komoditas khas ,yakni ; teri medan, ikan asin Sinangin, jeruk purut atau pangir, dan bermacam sayuran lainnya. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.