iklan SMobile baru
Ekonomi | 2/10/2023 - 13:08

Camat Medan Tuntungan Bangga Kenakan Batik

Harianbisnis.com, Medan- Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto Sitanggang mengajak masyarakat agar bangga memakai baju batik, termasuk kaum millineal.

Tak hanya itu, Hendra juga berharap agar disetiap daerah memiliki ciri khas batik sebagai bagian budaya.

“Kita harus bangga memakai baju batik, selain kecintaan kita akan warisan Indonesia. Jadi sejalan dengan harapan dari Presiden juga yang mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bangga, aktif melestarikan serta mengembangkan batik sebagai kekayaan budaya tanah air,” kata Camat Hendra Arjudanto Sitanggang usai membuka Pameran Batik Kecamatan Medan Tuntungan dalam rangka “Hari Batik Nasional 2023”, Senin (2/10/2023).

Namun, dalam hal ini Hendra berharap agar setiap daerah mampu menghadirkan ciri khas batiknya khususnya Kota Medan karena ini akan membantu para pelaku UMKM sejalan dengan program Wali Kota Medan.

Sambung, Hendra bahwa untuk Propinsi Sumatera Utara keragaman suku begitu banyak, sehingga ragam motif batik bisa ditampilkan.

“Di Sumut ini ada ragam suku, kami pun membuat pameran batik dengan ciri khas lokal.Dimana, kami hadirkan lima kelompok pengrajin sekaligus penjualan dengan mendesain batik dengan ciri khas tersendiri.Dan ini berasal dari Kecamatan Medan Tuntungan tidak ada dari kecamatan lainya jadi kami benar-benar mengalakan dan membantu UMKM ,” katanya.

“Contoh disini ada motif gorga Batak, motif Karo dan lainnya. Dari mulai baju, tas dan lainya.Jadi, semua daerah harus punya ciri khas batik,” sambung Hendra.

Ia mengatakan bahwa pengrajin lokal itu nantinya akan dibantu untuk masuk ke plafrom ” Kedan “.

“Ya , kita akan bantu para pelaku UMKM ini masuk ke aplikasi Kedan atau Kedai Elektronik Medan, sebagai upaya mendukung pertumbuhan dan kebangkitan UMKM,” katanya.

Di momen Hari Batik Nasional ini, Hendra mengajak masyarakat bangga dan menumbuhkan kecintaannya terhadap Batik.

“Kenakan batikmu yang menjadi identitas bangsa dan produk lokal Indonesia. Suatu kebanggaan bagiku mengenakan batik yang menjadi karya dan warisan budaya negeriku. Selamat Hari Batik Nasional ,” tutup Hendra.

Dari amatan wartawan untuk motif gorga Batak dari mulai baju,sepatu dan lainya dihadirkan oleh Gallery Boru Batak. Turut andil dari Batik Sadina Fashion dan Griya Batik.

Dari catatan yang ada sejak tahun 2009, batik secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai kontribusi budaya Indonesia kepada dunia, maka sejak saat itu,  Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 2 Oktober untuk dirayakan sebagai Hari Batik Nasional. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.