iklan SMobile baru
Berita | 27/02/2024 - 17:46

Heboh! Puluhan Kendaraan Mogok Pasca Isi BBM di SPBU Patumbak

Harianbisnis.com, Medan- Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 14.203.180 Jalan Pertahanan, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang, mengakui adanya kelalaian yang mengakibatkan puluhan kendaraan mogok setelah mengisi BBM.

Hal ini disampaikan, Manager SPBU, Eslida Saragih bahwa awalnya mereka melakukan isi ulang atau bongkar muat dari truk tangki Pertamina ke tangki penyimpanan di SPBU, Senin (26/2/2024) pagi.

“Petugas SPBU yang bekerja atau menerima bongkar muat dari truk tangki ke tangki penyimpanan SPBU salah memasukkan selang. Harusnya, BBM jenis solar dari truk tangki dimasukkan ke tangki penyimpanan jenis solar di SPBU. Tapi, tadi pagi malah terbalik, dimana BBM jenis solar dimasukkan menggunakan selang ke tangki timbun BBM jenis pertalite,” ucapnya.

“Jadi, petugas masukkan yang solar ke pertalite, sementara kan kereta-kereta isi pertalite. Kesalahannya itu saja. Sementara dia tidak sadar,” sambut Elisda.

Ia mengatakan terkait salah isi BBM yang menyebabkan kontaminasi BBM, pihak SPBU sudah berkoordinasi dengan Pertamina.

“Saat ini SPBU ditutup sementara dan hanya melayani korban ganti rugi. Sementara terhadap korban salah isi BBM harusnya Pertalite malah diisi Solar, SPBU sudah mengganti kerugian,” katanya seraya meminta masyarakat yang jadi korban diminta membawa kendaraan ke bengkel, serta membawa kwitansi ke SPBU untuk diganti biaya kerugian.

Pertamina Berikan Sanksi

Ditempat terpisah, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut, PT Pertamina Patra Niaga
Sub Holding Pertamina Commercial & Trading, Susanto August Satria ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan telah terjadi human error/kesalahan manusia, yang melibatkan petugas bongkar SPBU saat penerimaan produk BBM dari mobil tangki BBM pada Senin 26 Februari 2024.

Ia mengatakan petugas bongkar BBM mengarahkan mobil tangki untuk produk Pertalite ke tangki pendam yang bukan peruntukkannya. Sehingga tanki pendam jenis Pertalite terisi bukan oleh produk seharusnya.

“Dengan adanya kejadian ini, SPBU telah menghentikan penjualan BBM ke konsumen. Pertamina memastikan akan memberikan sanksi kepada SPBU terkait kesalahan menyuplai ke tangki pendam produk BBM, hingga konsumen membeli BBM yang terkontaminasi/produk yang tidak seharusnya,” pungkasnya. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.