iklan SMobile baru
Berita | 14/04/2024 - 07:32

Rampok Turis Perancis di Air Terjun Sipiso-piso, Polisi Tembak Pelaku

Harianbisnis.com, Medan- Seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas), Pian (23) warga Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo ditangkap personel gabungan dari Polda Sumut bersama Polres Tanah Karo.

Dimana, pelaku melakukan tindakan kejahatan terhadap seorang turis asal Prancis bernama Andrea Zoe (53) saat berkunjung ke objek Wisata Tongging,
Kecamatan Merek, Kabupaten Karo yang sempat dinyatakan hilang.

Pelaku terpaksa diberikan tindakan tegas terukur ditembak pada bagian kaki karena melawan saat diamankan petugas.

Penangkapan pelaku curas terhadap turis asing itu pun dibenarkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Sabtu (13/4).

Ia mengatakan, awalnya personel Polres Tanah Karo menerima laporan dari masyarakat sekitar adanya seorang turis asal Prancis yang terjatuh di kawasan Air Terjun Siposi-Piso, Tongging.

“Dari hasil pemeriksaan ternyata turis ini menjadi korban kejahatan curas,” katanya berdasarkan keterangan korban personel gabungan bergerak cepat melakukan penyelidikan.

“Polda Sumut dan Polres Karo pada Jumat 12 April 2024 sekira Pukul 20.00 WIB dari pemeriksaan CCTV berhasil menangkap pelaku saat berada di perladangan warung, Kecamatan Merek,” ujar Hadi seraya menyebutkan dalam aksinya pelaku melakukan aksi kejahatan dengan cara memukul kepala korban dengan batu sehingga terjatuh ke sungai dan mengalami luka serius.

Dan pelaku mengambil tas korban yang berisi ponsel, uang, serta kartu kredit.

“Terhadap pelaku sudah ditahan di Rutan Polres Tanah Karo untuk selanjutnya dilakukan proses penyidikan,” pungkasnya.

Sebelumnya sebagai dilansir harianbisnis.com pada tanggal 7 April, seorang turis asal negara Prancis, Adrea Joe (52) yang sempat dikabarkan hilang saat berwisata di Air Terjun Sipiso Piso, Pengambanten, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Wisatawan berusia 52 tahun yang datang bersama anaknya ini, hilang di Sipiso-Piso pada Sabtu (6/4) berhasil ditemukan tim gabungan TNI-Polri, Basarnas Sumut, di jurang berbatu di kawasan Air Terjun Sipiso-piso, Minggu (7/4), pukul 07.00 WIB.

Joe ditemukan dengan kondisi terluka dan mengalami patah tulang di beberapa bagian tubuh.

Berdasarkan data diperoleh, kronologi turis Prancis dilaporkan hilang, bermula Adrea bersama putrinya, Andreo Artenais (27) jalan kaki di kawasan Bukit Sipiso-piso dan menuruni air terjun di lokasi tersebut.

Namun dalam perjalanan pulang pulang, anak Andreo mendahului ibunya untuk sampai ke atas bukit terlebih dahulu.

Setelah Andreo sampai di atas bukit, dirinya mendapat pesan melalui WhatsApp dari ibunda bahwa sedang diganggu oleh orang tak dikenal. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.