iklan SMobile baru
Berita | 1/05/2024 - 16:27

Woman Leaders Festival 2024, 10 Perempuan Berikan Inspirasi Kesetaraan Gender

Harianbisnis.com, Medan- Memaknai hari Kartini bukan sekedar memperingati hari lahirnya saja, tapi juga turut menghargai dan memaknai dengan pendidikan dan kesetaraan gender yang kita sadari telah memberikan andil bagi keberhasilan perempuan saat ini. Sebagai individu yang memiliki banyak kesempatan dan kemampuan berkiprah di berbagai bidang.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Keuangan & TI PT Bank Sumut Arieta Aryanti disela acara Woman Leaders Festival 2024 yang berlangsung di Gedung Bank Sumut Ballroom Lt 10 Jumat (26/4/2024).

Kartini telah membuka pola pikir masyarakat betapa pentingnya memiliki peluang dan akses yang sama terhadap pendidikan dan kesetaraan gender. “Kartini membawa harapan dan inspirasi bagi kaum perempuan di masa lalu, masa kini dan masa depan,” ungkap Arieta Aryanti yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Dikatakannya perempuan memilki keistimewaan fitrah yang luar biasa, mampu menggabungkan keanggunan dengan ketegasan yang mencerminkan keseimbangan dan kreativitas yang jadi modal penting untuk menjadi pemimpin dan penggerak perubahan untuk kemajuan.

Acara Woman Leaders Festival 2024 yang digelar oleh IWAPI bersama PERPINA bekerja sama dengan Bank Sumut ini meramu acara talkshow woman talking dengan menghadirkan 10 perempuan inspiratif yang telah berkontribusi di sejumlah institusi di berbagai bidang.

Adapun 10 perempuan inspiratif yang mengisi acara talkshow adalah Direktur Keuangan & TI PT Bank Sumut/Ketua Perpina Sumut Arieta Aryanti, Peneliti Executive OJK/Ketua Rukun Wanita Bank Sumut Siti Yayuningsih, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Sumatera Utara Dwi Endah Purnawanti, Direktur RS Haji Medan Dr Rehulina Ginting M.Kes, Pengusaha Muslimah Ketua FKMI & Ketua YPAC Revita Lubis, Ketua DPC Iwapi kota Medan Mora Nasution, Ketua Serikat Pekerja Tsel& Manager Telkomsel Ika P Dewi, Designer/Owner YAP Mode Yuni Pohan, Gubernur Lions Club Yulina Indriyani dan Direktur KLINKIR Daya Lima Moudy Respaty.

Dalam sesi talkshow yang dikemas dengan tanya jawab ini para peserta mendapatkan wawasan bagaimana peran perempuan hebat ini mampu menduduki posisi penting di berbagai aspek kehidupan terutama dalam dunia kerja dan kepemimpinan.

Kehadiran pengusaha perempuan dan motivator nasional ibu Dr. Hj. Dewi Motik Pramono M.Si memberi spirit baru bagi para peserta undangan.

Ketua Dewan Penasehat PERPINA (Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia) ini memberikan motivasi dan inspirasi yang berkaitan dengan kesetaraan gender perempuan di dunia kerja dan perannya dalam rumah tangga.

Sekedar informasi, Dr. Hj. Dewi Motik Pramono M.Si adalah seorang pengusaha, penulis, dosen dan aktivis perempuan dan juga ahli teknologi informasi.

Dr. Hj. Dewi Motik Pramono M.Si juga pendiri Code Margonda, sebuah lembaga pelatihan IT yang berfokus pada pengembangan keahlian bagi kaum perempuan.

Selain itu, Dr. Hj. Dewi Motik Pramono M.Si juga aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung perempuan dan teknologi, termasuk mengajar dan berbicara dalam berbagai seminar dan konferensi.

Para undangan wanita mengenakan dresscode atasan kebaya dengan bawahan kain tradisional Indonesia seperti batik atau tenun demi membangkitkan suasana pakaian wanita masa RA Kartini yang kini kebaya telah menjadi busana khas perempuan Indonesia.

Acara semakin khidmat dengan penayangan cuplikan film Kartini yang diperankan oleh artis Dian Sastrowardoyo yang mengisahkan tentang kehidupan dan perjalanan hidup tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia, Kartini yang dikenal dengan slogan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Acara Woman Leaders Festival 2024 turut dimeriahkan dengan parade fashion show Perempuan Berkebaya dari Repi JS dan designer Rosna Nurleli Siregar yang diwakili oleh Linda Siregar. Juga ada bazar UMKM dari sejumlah binaan Bank Sumut. (Ram/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.