iklan SMobile baru
Berita | 9/09/2024 - 21:22

Mahasiswa USU Tewas Jatuh ke Jurang saat Mendaki Gunung Sibayak

Harianbisnis.com, Karo- Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara (USU), Ronny Syahputra (20), terjatuh ke jurang Gunung Sibayak, Kabupaten Karo,  Sabtu malam, 7 September 2024.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 23.20 WIB, dan tim langsung bergerak menuju lokasi dengan membawa peralatan lengkap untuk evakuasi di medan terjal,”  kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan (Basarnas Medan) Mustari, Minggu (8/9).

Mustari menjelaskan kronologi kecelakaan yang dialami korban. Peristiwa itu bermula bermula pada Sabtu, (7/9) sekitar pukul 19.25 korban bersama 8 orang rekannya melakukan pendakian ke Gunung Sibayak melalui jalur wisata, namun sekitar pukul 21.45 WiB, korban tiba-tiba terjatuh ke jurang.

Korban jatuh dari ketinggian 15-20 meter saat mencoba menuruni salah satu jalur curam di kawasan puncak gunung. Teman-teman korban yang mengetahui kejadian tersebut langsung melaporkan ke petugas setempat dan diteruskan ke Basarnas Medan.

Mustari mengatakan proses evakuasi korban berjalan sulit karena medan yang terjal. Setelah tiga jam jasad korban akhirnya berhasil dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

“Proses evakuasi berlangsung selama lebih dari tiga jam karena medan yang sulit dijangkau dan kondisi lokasi yang gelap, hingga akhirnya Korban berhasil dievakuasi pada pukul 04.15 WIB dan segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Kabanjahe untuk proses lebih lanjut,” sambungnya.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, mengungkapkan bahwa pihaknya setelah menerima laporan mengenai insiden tersebut dan langsung melakukan langkah langkah cepat untuk evakuasi korban.

“Jadi kami menerima informasi dan segera mengoordinasikan tim gabungan dari Polres Tanah Karo, Polsek Simpang Empat, UPT Tahura Bukit Barisan, Basarnas, serta BPBD Kabupaten Karo untuk melakukan proses evakuasi,” jelas AKBP Eko Yulianto.

Tambahnya, tim gabungan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 23.45 WIB dan mulai melakukan pencarian di sekitar jurang bukit kapur. Korban berhasil ditemukan oleh penjaga posko dan rekan rekan pendaki korban, namun saat ditemukan korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa dengan luka parah di bagian kepala.

“Tim Basarnas tiba di lokasi pada pukul 03.00 WIB untuk membantu proses evakuasi, dan akhirnya korban berhasil diangkat dari jurang pada pukul 04.30 WIB. Korban kemudian langsung dibawa ke RSU Kabanjahe untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolres.

Kronologis kejadian ini, bermula ketika korban bersama tujuh orang rekannya melakukan pendakian di Gunung Sibayak. Setelah melakukan registrasi di Pos II Posko Lestari, mereka melanjutkan perjalanan menuju puncak. Namun, saat melintasi jalur yang berada di dekat jurang bukit kapur, korban terjatuh setelah beristirahat sejenak bersama rombongannya.

Rekan rekan korban segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas di Posko Lestari. “Setelah menerima laporan, petugas posko bersama teman teman korban melakukan pencarian dan menemukan korban sudah tidak bernyawa di dasar jurang,” pungkasnya. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.