iklan SMobile baru
Berita | 16/03/2024 - 11:01

Raih Satu Juta Suara di Pileg, Dedi Iskandar Batubara Layak Maju Pilkada Sumut

Harianbisnis.com, Medan- Calon anggota DPD RI petahana asal Sumut Dedi Iskandar Batubara, meraih 1 juta suara di Pileg 2024 ini.

Menyoroti pencapaian tersebut, Pengamat Politik Sumatera Utara, Mardiansyah Manurung mengungkapkan bahwa sosok Dedi Iskandar Batubara layak maju menjadi kandidat calon Gubernur Sumut.

“Kalau kita menilai dari sepak terjang beliau ini, sudah layak sekali maju di Pilkada Sumut, tentunya melalui jalur independen. Kita sama-sama tahu bahwa Bang Dedi ini berproses mulai dari bawah. Jadi bukanlah sosok yang baru atau karbitan,” ujar Mardian, Jumat (15/3/2024).

Mardian menjelaskan, melalui data dari tim internal Dedi Iskandar Batubara, disebutkan pencapaian suara sekitar 1.078.751 (suara atau) 16,46 persen atau peringkat pertama dari 21 calon anggota DPD RI.

“Perlu ada kajian lebih lanjut yang mengarah kepada pencalonan untuk maju di Pilkada. Saya rasa dengan nilai kepercayaan yang tinggi dari warga Sumatera Utara, Bang Dedi layak ikut kontestasi,” tambahnya.

Mardian menyebutkan, Dedi Iskandar Batubara merupakan Ketua PW Al-Wasliyah Sumut yang memiliki basis massa yang tidak sedikit dan sejak 2014 sampai dengan Pemilu 2024 suara Dedi terus mengalami peningkatan.

Dia awalnya terpilih menjadi senator pada Pemilu 2014 lalu, hingga kini sebagai pemuncak suara di Pemilu 2024 sebagai senator wakil Sumut. Ini menandakan performa yang ia miliki cukup baik.
“Meskipun non-partai atau jalur independen, kita bisa menilai kader Al-Wasliyah di Sumut ini menyebar luas. Ini menjadi kekuatan bagi sosok Bang Dedi Iskandar Batubara untuk maju nantinya,” ujarnya.

Mungkin, tambah Mardian, opsi koalisi pelangi berpasangan dengan Pdt Penrad Siagian yang memiliki suara terbesar kedua dalam perolehan suara Anggota DPD RI di Pemilu 2024.

“Atau bisa juga bersanding dengan nama-nama calon Gubernur Sumut yang sudah banyak beredar saat ini. Partai politik harus cermat juga melihat hal-hal demikian, agar mendapatkan calon-calon yang kapasitasnya baik untuk dijadikan balon pemimpin Sumut 2024 nantinya,” ucap Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (UISU) ini.

Seperti diketahui, Dedy Iskandar Batubara, S.Sos., SH., M.S.P. lahir di Siligawan Gadang, Sumatera Utara, tanggal 17 Maret 1979. Dia merupakan Senator DPD RI Provinsi Sumatera Utara yang terpilih pada periode 2019-2024, yang kini mencalonkan diri untuk periode 2024-2029.

Dedi Iskandar Batubara sempat menjabat sebagai Pimpinan Cabang Angkatan (PC AMK) Medan, Ketua Wadah Remaja Islam Pengajian Akbar (WARISPA) Medan, Penasehat Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Propinsi Sumatera Utara, Wakil Sekretaris Ikatan Alumni Kader Ikatan Pelajar Al Washliyah (IKA IPA) Propinsi Sumatera Utara ,Sekretaris , Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Al Washliyah (PP IPA) Penasehat.
Selain itu, Pimpinan Wilayah Al Washliyah Sumatera Utara Wakil Sekretaris, Stofaz Institute Ketua , Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Sumatera Utara (DPD KNPI SUMUT), Sekretaris Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA) Sumatera Utara, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Propinsi Sumatera Utara Anggota, Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslimin Indonesia (PW PARMUSI) Sumatera Utara. (Ram/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.