iklan SMobile baru
Berita | 26/05/2023 - 01:28

Bobby Nasution Akui Kota Medan Kurang Sarana dan Prasarana Olahraga

Harianbisnis.com, Medan- Stadion Kebun Bunga Medan di Jalan Candi Borobudur, Kelurahan Petisah Tengah, Medan Petisah mulai direvitalisasi.

Stadion sarat sejarah itu akan direvitalisasi berstandar internasional.

Revitalisasi itu dilakukan dengan peletakan batu pertama pembangunan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua Komisi 1 DPR RI, Meutya Hafid, Kamis (25/5/2023).

Bobby mengatakan, revitalisasi sebagai salah satu upaya untuk memenuhi sarana dan prasarana latihan bagi para atlet untuk mewujudkan Medan sebagai Kota Atlet.

Menantu Presiden Jokowi ini menyadari, saat ini Kota Medan kurang sarana dan prasarana olahraga untuk berlatih atlet. Kondisi itu, menyebabkan para atlet tidak bisa melaksanakan latihan rutin.

“Para atlet baru latihan kalau ada event tingkat Kota Medan, Provinsi Sumut dan Nasional digelar,” kata Bobby.

Menurut Bobby, tidak ada atlet yang berhasil tanpa proses latihan. Atas dasar itulah, kata Bobby, Pemkot Medan merevitalisasi Stadion Kebun Bunga.

“Stadion ini memiliki sejarah tersendiri bagi warga Kota Medan. Termasuk saksi perkembangan sepakbola, karena menjadi home base sekaligus tempat berlatihnya PSMS Medan,” katanya.

Melalui revitalisasi ini, kata Bobby, nantinya Stadion Kebun Bunga akan di lengkapi dengan sejumlah fasilitas, termasuk lapangan sepak bolanya berstandar internasional.

“Khusus lapangan saja, bukan fasilitas penonton, parkir maupun fasilitas pendukung lainnya. Itu di lakukan agar para pemain nantinya terbiasa bermain di lapangan berstandar internasional,” paparnya.

Selain itu, sambung Bobby, Stadion Kebun Bunga juga akan di lengkapi dengan  fasilitas olahraga lainnya dan dapat di gunakan 7 cabang olahraga.

“Setelah selesai direvitalisasi, jangan memberatkan para atlet maupun klub untuk latihan. Revitalisasi ini memang untuk mereka. Jadi, jangan memberatkan mereka saat menggunakannya untuk berlatih,” pinta Bobby.

Revitalisasi Stadion Kebun Bunga di atas lahan seluas 2 hektar, bilang Bobby, menggunakan APBD Kota Medan senilai Rp191 miliar lebih.

“Memang anggarannya sangat besar, tapi secara manfaat efeknya dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi. Kapolrestabes dan Kajari Medan harus ikut mengawasi revitalisasi, agar pembangunannya sesuai yang di harapkan,” pinta Bobby.

Sebelumnya Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (PKPCikartaru) Kota Medan, Endar Sutan Lubis, melaporkan Stadion Kebun Bunga dibangun 31 Agustus 1973 dan dibuka 28 Februari 1974.

Revitalisasi Stadion Kebun Bunga, kata Endar, menggunakan APBD Kota Medan TA 2023-2024 dengan nilai kontrak sebesar Rp191.665.325.000.

“Pelaksana revitalisasi PT. Permata Anugerah Yala Persada dan PT. Permata Lanschap KSO dengan masa pelaksanaan pengerjaan 540 hari kalender,” ujarnya.

Adapun lingkup pekerjaan yang di lakukan, sebut Endar, pekerjaan plaza wall climbing, skate park, bangunan fasilitas indoor (GOR mini), bangunan pengelola, plaza food truck lapangan tenis, lapangan volley, arena gym, area water play jalan setapak, lapangan sepakbola, wall of sport fames dan taman. (Rom/hbc)

Loading next page... Press any key or tap to cancel.